Senin, 09 November 2020

Apa Itu Investasi dan Apakah Bisa Kaya dengan Investasi?

 

Investasi

Investasi bukanlah hal yang asing lagi untuk didengar. Lantas, apa itu investasi? Pada dasarnya investasi merupakan suatu kegiatan penanaman modal atau dana pada suatu perusahaan atau aset dengan nilai tertentu untuk memperoleh keuntungan di kemudian hari, dalam kurun waktu tertentu.

Maka, tak mengherankan apabila investasi selalu dikaitkan dengan orang yang telah bekerja dengan penghasilan yang tinggi. Padahal, saat ini generasi milenial pun bisa berinvestasi sejak dini.

Meski istilah investasi telah banyak dikenal, namun kenyataannya masih sedikit orang yang melakukan investasi dikarenakan berbagai alasan, salah satunya yaitu sulitnya untuk meninggalkan gaya hidup yang gemar berbelanja. Sehingga sulit bagi sebagian orang untuk menyisihkan pendapatan untuk berinvestasi.

Padahal, dengan adanya kemajuan zaman, saat ini terdapat banyak jenis jenis investasi yang bisa dilakukan hanya dengan modal Rp.100 ribu. Meski modal yang Anda keluarkan untuk berinvestasi kecil, namun apabila Anda sudah memulainya sejak muda maka akan banyak manfaat yang didapatkan di kemudian hari, dengan catatan jenis investasi yang Anda pilih merupakan investasi yang tepat.

Manfaat Melakukan Investasi

1.   Nilai Aset dan Kekayaan akan Semakin Meningkat

Dengan Anda melakukan investasi, maka secara otomatis nilai dari aset Anda akan mengalami peningkatan. Aset yang dimaksud bisa berupa bangunan, properti, saham, atau bahkan juga uang Anda investasikan.

Berkembangnya aset investasi Anda tentu berbanding lurus dengan berkembangnya kekayaan yang Anda miliki.

2.   Merdeka Secara Finansial

Merdeka memiliki makna sebuah kebebasan. Merdeka dalam hal keuangan bisa diartikan sebagai kebebasan dalam menggunakan uang Anda, Anda tidak perlu merasa khawatir akan kebutuhan Anda saat ini dan bisa juga kebutuhan di masa mendatang.

Hal demikian bisa Anda peroleh apabila aset yang Anda miliki bisa terus menghasilkan uang dan bisa menambah jumlah tabungan Anda. Contoh dari investasi ini adalah poperti, atau bisa juga bangunan kos yang Anda sewakan, sehingga Anda akan terus mendapatkan pemasukan dari aset bangunan Anda tersebut.

3.   Menyiapkan Masa Depan yang Cerah

Ketika Anda telah mencapai usia yang tidak lagi muda, tentu akan menginginkan kehidupan yang layak dan nyaman tanpa dipusingkan dengan beban mencukupi kebutuhan atau biaya hidup sehari-hari. Karena di usia tersebut fisik Anda tidak seproduktif ketika masih muda.

Untuk menyiapkan masa depan yang cerah, maka berinvestasi merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan. Tentukan dan rencanakan investasi Anda sejak usia Anda masih muda.

4.   Terhindar dari Inflasi

Setiap negara pastilah mengalami sebuah inflasi, hanya saja tingkatannya yang berbeda. Inflasi memiliki pengaruh terhadap kondisi perekonomian negara, terutama dalam proses jual beli, karena inflasi bisa saja melemahkan daya beli masyarakat. Sehingga, belajar investasi merupakan hal yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari inflasi.

Itu tadi merupakan beberapa informasi singkat tentang investasi dan manfaat yang akan didapatkan apabila melakukan investasi.

0 komentar:

Posting Komentar