Minggu, 27 September 2020

Favorit Keluarga, Berikut Cara Membuat Soto Ayam Paling Sederhana Anti Gagal

 

Soto Ayam

Makanan Indonesia satu ini, nikmat disantap untuk segala suasana. Makanan berkuah dengan isian nasi, soun, kubis, dan suwiran ayam ini juga seringkali disajikan pada acara-acara syukuran. Menjadi makanan favorit banyak orang di Indonesia, soto ayam memiliki beragam jenis dengan cita rasa khas tersendiri dari masing-masing daerah. Tidak susah membuatnya, berikut cara membuat soto ayam dari berbagai daerah di Indonesia yang bisa dicoba.

Resep Soto Ayam Khas Berbagai Daerah Di Indonesia

1. Soto Lamongan

Soto dari daerah Lamongan ini, paling populer di wilayah Jawa Timur dan lainnya. Yang menjadi ciri khas dari soto ini adalah kuah bening yang segar beserta serbuk koya yang gurih. Koya adalah pelengkap makanan penambah cita rasa gurih yang terbuat dari kerupuk udang yang dihancurkan hingga halus ditambah dengan beberapa siung bawang putih. Serbuk koya hanya digunakan sebagai pelengkap pada soto Lamongan, dan tidak ditemukan di makanan lainnya.

Resep untuk membuat soto Lamongan sangat mudah didapatkan, anda bisa menyiapkan ayam, bumbu halus, dan pelengkap lainnya. Selanjutnya, untuk cara membuat soto ayam Lamongan   anda bisa merebus daging ayam hingga mendapatkan kaldu, lalu tambahkan beragam bumbu yang sudah dihaluskan beserta penyedap rasa. Setelah matang, anda bisa menyajikan soto dengan pelengkap soun, toge, irisan kubis, daun seledri, telur rebus, bawang goreng dan koya.

2. Soto Kudus

Soto favorit banyak orang berikutnya, adalah soto kudus. Soto ini sering disajikan di magkuk kecil dengan berbagai isian seperti ayam suwir, tauge, irisan kol kemudian disiram menggunakan kuah bening. Pada bagian rempahnya, soto Kudus menggunakan bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kemiri, jintan yang sudah disangrai dan juga merica. Rasa dari bumbu ini akan meninggalkan rasa yang kuat pada saat kuah soto Kudus dinikmati.

Cara membuat soto ayam Kudus sangat mudah untuk dicoba, pertama rebus ayam hingga dua kali untuk mendapatkan kaldu yang segar. Sembari menunggu, tumis semua  bumbu halus hingga layu, lalu masukkan kedalam air rebusan ayam yang sudah mendidih. Tambahkan kaldu jamur, serai, daun salam dan daun jeruk lalu tunggu hingga seluruh bumbu meresap. Suwir daging ayam sesuai selera, sajikan soto bersama pelengkap lainnya selagi kuah masih panas.

3. Soto Medan

Berbeda dengan jenis soto di wilayah Jawa yang notabene memiliki kuah bening yang segar, soto dari Sumatera Utara ini memiliki kuah berwarna kuning keruh karena ditambahkan santan. Sehingga, tekstur yang dimiliki akan lebih kental dan gurih. Pelengkap soto Medan juga tidak sama dengan kebanyakan soto lainnya. Makanan ini banyak disajikan dengan emping, irisan telur, kentang rebus atau perkedel kentang, dan bawang goreng sebagai pelengkapnya.

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk memasak soto Medan, bisa dilakukan dengan merebus ayam yang sudah dimarinasi dengan berbagai bumbu. Setelah itu, rebus kuah beserta lengkuas, serai, bunga lawang, kapulaga dan semua bumbu halus yang sudah dimasak. Tuang santan, tambahkan penyedap rasa lainnya. Berbeda dengan lainnya, cara membuat soto ayam Medan menggunakan suwiran ayam yang sebelumnya telah digoreng hingga kering.

Soto sudah menjadi kuliner andalan khas masyarakat Indonesia. Alhasil, hampir seluruh wilayah di Indonesia memiliki jenis soto dengan cita rasa khas masing-masing daerah. Makanan satu ini juga menjadi makanan rakyat yang banyak dijual dengan konsep warung makan dan juga gerobak dorong. Makanan ini sangat segar dan lezat dinikmati kapan saja, sebagai makanan  sarapan, jam makan siang ataupun makan malam rasa segar kuahnya memang selalu digemari.  

 

0 komentar:

Posting Komentar